Jumat, 27 Juli 2012

Mengubah Tantangan Menjadi Peluang

HAMPIR setiap orang pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya, barangkali juga Anda. Akan tetapi, jangan buru-buru menyikapinya dengan cara negatif. Sebab, di balik setiap tantangan juga tersembunyi peluang untuk transformasi dan pembaharuan.

Pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan terhadap karyawan, misalnya, memberikan Anda kesempatan untuk mencari pekerjaan baru yang lebih berarti, mengubah arah karier, bahkan memulai bisnis baru yang selama ini dimimpikan.

Cara Anda menyikapi krisis banyak dipengaruhi oleh cara Anda memandang dunia. Jika Anda memandang dunia sebagai tempat yang muram dan penuh kesengsaraan, ketika menghadapi krisis Anda akan dikuasai perasaan takut, cemas, atau putus asa dan tidak berdaya.

Bahkan, ketika melihat dunia dengan penuh optimisme pun, Anda akan tetap merasa sedikit tidak aman dengan berbagai pesan negatif yang mengungkung. Bagaimana pun reaksi Anda, berikut ini adalah sejumlah langkah untuk menggali dan mengeksplorasi peluang yang tersembunyi di balik setiap tantangan:

1. Perhatikan seberapa sering Anda mengekspos diri dengan pesan-pesan negatif dari media massa. Batasi paparan media hingga tingkat minimum, asalkan cukup bagi Anda untuk mendapatkan informasi tanpa perlu dicekoki dengan perasaan takut dan khawatir yang berlebihan.

2. Buat daftar tentang pengaruh krisis terhadap kehidupan Anda. Misalnya, ''Saya khawatir akan kehilangan pekerjaan'', ''Penjualan menurun dan bisnis lesu'', atau ''Saya kehilangan 30 persen tabungan pensiun''.

3. Setelah memaparkan tantangan yang Anda hadapi, tulis berbagai peluang yang melekat di baliknya. Misalnya, jika khawatir akan kehilangan pekerjaan, Anda bisa mulai memperbarui resume dan lebih giat menjalin networking demi mendapatkan pekerjaan baru yang selama ini dicita-citakan.

Sementara itu, jika bisnis sedang lesu, Anda bisa menggunakan waktu untuk mengorganisasi kantor, memperbarui materi pemasaran, dan menjalin kembali hubungan dengan pelanggan yang selama ini terabaikan.

4. Terakhir, sadarilah bahwa ada sejumlah hal yang berada di luar kendali Anda. Daripada menghabiskan waktu untuk mengeluhkan dan mencemaskan hal tersebut, sebaiknya pusatkan perhatian untuk mencari peluang sehingga Anda dapat melaksanakan tindakan.

Berbagi berita nih sahabat, semoga bermanfaat :)

Dari sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/read/2010/04/08/2980/13/Empat-Langkah-Ubah-Tantangan-Jadi-Peluang

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates